logo pspp
Pramugari berhijab

Beberapa Pertanyaan Tes Wawancara Pramugari & Jawabannya!

Sekolah Pramugari PSPP Jogja – Hai, kembali lagi bersama mimin. Kali ini mimin mau berbagi nih beberapa pertanyaan saat tes wawancara pramugari beserta jawabannya. Kamu perlu banget nih belajar informasi seperti ini, siapa tau bisa membantu kamu, bukan? Nah simak baik-baik ya pertanyaan berikut ini.

Bagaimana kamu menangani penumpang yang menolak mematuhi intruksi pramugari saat lepas landas dan mendarat?

Penumpang yang tidak mau mendengarkan pramugari selama awal dan akhir penerbangan mungkin akan membahayakan diri mereka sendiri maupun orang lain. Pramugari tentu harus bisa memperbaiki situasi tanpa eskalasi. Apa yang dicari dalam jawaban:

  • Keterampilan manajemen konflik untuk menenangkan penumpang
  • Berpikir cepat selama konfrontasi penumpang yang tidak terduga
  • Penilaian yang baik ketika mempertimbangkan bagaimana menangani ketidakpatuhan penumpang

Misal:

“Saya akan mengulangi instruksi saya kepada penumpang, semisal dia salah dengar karena kebisingan kabin, serta menekankan konsekuensi dari tidak menaati anggota awak. Apabila penumpang masih menolak untuk mematuhi, saya akan mencari bantuan dari asisten penerbangan lainnya sebagai upaya terakhir, saya akan melaporkan situasi tersebut kepada kapten”.

Apa yang akan kamu lakukan jika seseorang yang takut terbang mulai panik?

Selebaran pertama kali atau gelisah dapat panik atau marah selama lepas landas, mendarat atau dalam masa turbulensi. Pramugari dapat membuat pengalaman tersebut tidak terlalu membuat stres melalui layanan pelanggan yang penuh kasih. Apa yang dicari dalam jawaban:

  • Empati dengan penumpang
  • Cara positif untuk membuat pelancong merasa lebih aman
  • Keahlian layanan pelanggan yang baik untuk mengatasi masalah penumpang

Misal:

“Saya pertama-tama akan bertanya apakah penumpang baik-baik saja dan apakah ada yang bisa saya sediakan. Saya akan meyakinkan penumpang bahwa kecemasan saat terbang merupakan hal biasa dan memberika beberapa tip agar tetap tenang”.

Apa hal pertama yang akan kamu lakukan dalam situasi darurat di udara?

Pramugari mempunyai peran penting dalam mengelola keadaan darurat dalam penerbangan. Carilah jawaban yang menunjukkan kemampuan pelamar untuk tetap memimpin dalam situasi yang menantang dan menunjukkan keterampilan kepemimpinan. Apa yang dicari dalam jawaban:

  • Tenang dan kumpulkan sikap dalam keadaan darurat dalam penerbangan
  • Bidik pengambilan keputusan selama krisis penerbangan
  • Kemampuan menyampaikan otoritas saat mengarahkan penumpang

Misal:

“Saya akan memakai masker oksigen sendiri sebelum membantu penumpang lain. Saya akan memeriksa di mana pintu keluar terdekat dan mencoba merencanakan beberapa langkah di depan sehingga saya bisa membuat semua orang setenang mungkin”.

Apa pengalaman penerbangan favorit kamu?

Orang yang bergairah mempunyai cara untuk meningkatkan pengalaman semua orang di sekitar mereka. Seorang pelamar dengan menyukai pesawat terbang atau terbang bisa menjadi aset besar. Cari jawaban yang mendetail tentang bagian favorit perjalanan orang yang diwawancarai. Apa yang dicari dalam jawaban:

  • Antutiasme tentang pesawat dan proses penerbangan
  • Kegembiraan tentang penerbangan itu sendiri
  • Gairah untuk bepergian ke tempat lain

Misal:

“Pengalaman favorit saya ketika penerbangan pertama saya di 7474. Itu hanya perjalanan singkat, tapi saya bisa dengan mudah melihat mengapa mendapat julukan ‘Ratu Langit’”.

 Apa kekuatan layanan pelanggan kamu?

Pramugari akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka berinteraksi dengan penumpang dan memenuhi kebutuhan mereka. Perjalanan adalah pengalaman yang menegangkan bagi banyak orang, sehingga keterampilan layanan pelanggan yang baik bisa membantu penumpang bersantai dan merasa lebih baik tentang penerbangan. Cari jawaban yang menunjukkan pemohon peduli tentang membantu orang lain. Apa yang dicari dalam jawaban:

  • Menciptakan lingkungan yang positif
  • Meningkatkan kepuasan penumpang
  • Membantu jika memungkinkan

Misal:

“Saya melakukan pekerjaan dengan baik mendengarkan para penumpang ketika mereka bertanya kepada saya, mengajukan permintaan atau memiliki masalah. Saya ingin memastikan saya memenuhi harapan mereka dan memahami masalah mereka”.

Bagaimana cara kamu menyelesaikan situasi yang menantang dengan rekan kerja di masa lalu?

Awak penerbangan bekerja di tempat yang sempit selama berjam-jam, jadi kamu tidak ingin membawa pramugari yang tidak bisa menyelesaikan konflik interpersonal dengan anggota staf lainnya. Jawaban pelamar harus menunjukkan kesediaan untuk berkompromi dan memahami perspektif orang lain. Apa yang dicari dalam jawaban:

  • Manajemen konflik dengan pramugari, pilot, marshal, dan personle dalam penerbangan lainnya
  • Kesediaan untuk berkompromi dengan staff dalam penerbangan selama konflik
  • Kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi awak pesawat lainnya

Misal:

“Suatu miskomunikasi menyebabkan beberapa gesekan antara saya dan pramugari lainnya. Makanan tertunda karena kesalahan saya, dan penumpang menjadi frustasi dengan pramugari lainnya. Saya memiliki kesalahan, meminta maaf kepada rekan kerja dan menawarkan untuk berbicara untuk penumpang yang kesal”.

 Apakah kamu merasa nyaman di lingkungan atau situasi yang baru?

Pramugari berpengalaman mungkin memiliki rute yang sama, tetapi mereka yang lebih rendah dalam senioritas biasanya berakhir di banyak lokasi yang diterbangkan maskapai. Carilah orang yang bisa beradaptasi dengan cepat ke lingkungan asing dan terbiasa dengan budaya di luar negara asal mereka. Apa yang dicari dalam jawaban:

  • Fleksibilitas dalam menangani perubahan jadwal penerbangan, pemesanan hotel semalam, dan ketersediaan pekerjaan
  • Pemahaman yang luas dan rasa hormat dari budaya yang berbeda
  • Kemampuan beradaptasi ketika menangani tugas-tugas dasar di luar negeri, seperti memesan makanan atau memesan kamar hotel

Misal:

“Saya suka mendarat di negara baru dan mendapatkan kesempatan untuk pergi ke pasar lokal. Semua orang mengerti bahasa makanan, bahkan jika saya tidak berbicara bahasa asli di sana.”

Tentunya untuk menjadi pramugari gak bisa nih langsung daftar dan diterima begitu saja. Kamu butuh kemampuan yang mumpuni agar sesuai dengan spesifikasi sehingga pihak bandara akan memertimbangkan lebih lanjut untuk bisa diterima. Salah satu usaha yang perlu dilakukan ialah kamu perlu mengikuti pelatihan dulu. Jadi apabila mendaftar, kamu sudah memiliki pertimbangan pengalaman dan kemampuan yang sudah teruji. Salah satu pelatihan pramugari yang telah ter Akreditasi A ialah PSPP Penerbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Admin Pendaftaran

Kak Asna

082211951972

Ketentuan Pembayaran

Segala bentuk pembayaran baik pendaftaran, daftar ulang, & biaya pendidikan hanya kami terima di rekening BRI dengan nomor:

0098-01-002137-30-3

PSPP tidak bertanggung jawab apabila terjadi pembayaran diluar rekening tersebut dengan alasan apapun dan kami anggap tidak syah / belum membayar.