AVSEC
pspp penerbangan avsec

Tips Jadi AVSEC Angkasa Pura Agar Kamu Gak Takut Gagal | PSPP Penerbangan

PSPP Penerbangan – Tips Jadi AVSEC Angkasa Pura Agar Kamu Gak Takut Gagal

pspp penerbangan avsec

AVSEC (Aviation Security) merupakan salah satu staff atau karyawan perusahaan penerbangan baik dibawah maskapai, kementrian perhubungan maupun Angkasa Pura yang bertugas untuk menjamin keamanan penerbangan serta menciptakan zero accident.

Meskipun AVSEC dengan profesi satpam, security mall atau hansip bekerja dalam bidang keamanan, namun kamu tidak bisa menyamakan profesi ini dengan profesi lain. Karena AVSEC hanya akan menjalankan tugas dengan berpedoman terhadap International Civil Aviation Organization (ICAO). Bahkan terdapat peraturan yang mewajibkan AVSEC maupun personil keamanan penerbangan untuk memiliki STKP/Lisensi.

Peraturan tentang ketetapan STKP/Lisensi didasarkan nomor SKEP/2765/XII/2010 Bab I Butir 9 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Dengan adanya STKP/Lisensi AVSEC, seseorang akan dianggap sudah memiliki kecakapan untuk melaksanakan tugasnya dalam hal pengamanan penerbangan.

Sebelum mengikuti Tes AVSEC Angkasa Pura ataupun mengikuti tes di perusahaan penerbangan sebagai AVSEC kamu perlu memiliki Lisensi/STKP terlebih dahulu.

Syarat Mengikuti Tes AVSEC Angkasa Pura

Angkasa Pura merupakan salah satu perusahaan pengelola bandara yang mengelola belasan bandara di Indonesia. Menjadi sebuah keinginan yang besar jika dapat bergabung di perusahaan ini, mengingat perusahaan ini akan memberikan fasilitas menarik bagi setiap karyawannya. Termasuk salah satu adalah gaji yang sangat menggiurkan. Nah, ini dia persyaratan yang wajib dipenuhi sebelum mengikuti Tes AVSEC Angkasa Pura:

  • Pria/Wanita Warga Negara Indonesia
  • Minimal lulusan SMA/SMK Sederajat
  • Tinggi badan minimal 165 cm (untuk perempuan) dan 170 cm (untuk laki-laki)
  • Tidak buta warna dan tidak berkaca mata/kontak lens
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun
  • Belum pernah menikah
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Berkelakuan baik dan belum pernah terlibat dengan tindakan kriminal
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT. Angkasa Pura

Nah jika kamu sudah memenuhi persyaratan tersebut, kamu bisa mengikuti tes di Angkasa Pura untuk menjadi AVSEC.

Tahap Tes AVSEC Angkasa Pura

Setelah memiliki lisensi dan telah memenuhi beberapa persyaratan yang telah dipaparkan tadi, selanjutnya adik harus mengikuti serangkaian tes menggunakan sistem gugur. Nah, ini dia tahapnya:

  1. Seleksi Administrasi

Seleksi ini berupa seleksi data dimana sebelumnya para pelamar sudah mengisikan terlebih dahulu formulir secara online. Formulir tersebut akan menjadi acuan penguji apakah pelamar bisa lanjut ke tahap berikutnya atau tidak.

  1. Tes Fisik

Bagi kamu yang dinyatakan pada tes administrasi, terpaksa tidak bisa mengikuti tes fisik ini karena adanya sistem gugur pada Tes AVSEC Angkasa Pura. Tes fisik disini sama halnya dengan tes fisik di kepolisian agar dapat mengetahui kondisi fisik mereka.

  1. Tes Pengetahuan Umum dan Bahasa Inggris

Selain dibutuhkan fisik yang bagus, menjadi AVSEC juga perlu wawasan yang luas termasuk dapat berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Maka dari itu, terdapat tes pengetahuan umum dan bahasa Inggris untuk menjadi AVSEC di Angkasa Pura.

  1. Tes Psikologi

Kesehatan jasmani maupun rohani juga menjadi bagian dari tahap tes AVSEC Angkasa Pura. Tahap setelah mengikuti tes akademik adalah tes psikotes. Selain agar mengetahui kondisi psikologis kamu, tes ini juga digunakan untuk mengetahui sifat pelamar dari segi psikologisnya. Tahap ini akan diujikan langsung oleh penguji yang paham ilmu psikologi.

  1. Tes Kesehatan

Salah satu faktor penting untuk menjadi petugas keamanan penerbangan ialah kesehatan. Pada tes ini, kondisi kesehatan kamu akan di cek secara keseluruhan. Selain tidak diizinkan memiliki penyakit berat, sesuai persyaratannya tentu AVSEC juga tidak bisa bermata minus, pernah mengalami patah tulang, hepatitis maupun mengidap buta warna.

  1. Wawancara Akhir

Tahap ini akan menjadi penentu bagi kamu diterima di Angkasa Pura atau harus gugur. Tahap ini akan mempertemukan antara pelamar yang sudah dinyatakan lolos pada tahapan-tahapan sebelumnya dengan direksi dari perusahaan. Maka dari itu, siapkan diri kamu sebaik mungkin untuk mengikuti tahap ini, karena diterima/tidaknya kamu tergantung pada tahap akhir ini.

Dengan persaingan yang sangat ketat, tentu kamu akan kesulitan menghadapi Tes AVSEC Angkasa Pura. Bagaimana tidak? Perusahaan Angkasa Pura telah menjadi favorit para calon AVSEC mengingat banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan ini.

Meskipun kondisi fisik kamu sudah memenuhi kriteria, namun peluang kamu untuk bisa diterima masih sangat kecil. Apalagi bagi kamu yang belum memiliki Lisensi/STKP/ Wah, pasti akan sangat mudah dikalahkan calon-calon lainnya.

Tips Jadi AVSEC Angkasa Pura

Berdasarkan tahapan yang mimin sebutkan tadi, kamu perlu banyak banget persiapan tentang penguasaan dalam bidang AVSEC, memiliki skill dalam pelayanan pelanggan, knowledge tentang keamanan penerbangan, tahu klasifikasi dangerous goods, dsb termasuk Lisensi/STKP.

Bila kamu diterima di perusahaan ini tentunya akan muncul rasa bangga tiada tara, seperti halnya alumni dari Sekolah Penerbangan PSPP Penerbangan.

Nah ini tips dari mimin agar kamu mudah diterima menjadi AVSEC Angkasa Pura, alangkah baiknya kamu mengikuti pelatihan di PSPP Penerbangan. Tentu hal ini sangat berguna untuk melihat dan mengukur sejauh mana kemampuan dan kelayakanmu menjadi seorang AVSEC. Selain PSPP Penerbangan akan mendidik dan melatih, calon AVSEC di kampus ini akan memberikan Lisensi/STKP bagi siswa-siswinya. Karena lembaga PSPP Penerbangan telah mendapat jadwal pelaksanaan Ujian Negara dari Keamanan Penerbangan.

Informasi Pendaftaran PSPP Penerbangan

Untuk informasi pendaftaran PSPP Penerbangan, kamu bisa langsung menghubungi Official PSPP Penerbangan sebagai panitia pendaftaran ya dengan Call/WA di 0822 1195 1972. Jadi, sekian dulu nih ya dari mimin, ketemu lagi di lain kesempatan. Semoga informasi dari mimin kali ini bermanfaat ya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat