Pramugari
pspp penerbangan pramugari7

PSPP Penerbangan – Kesalahan Fatal Saat Interview Pramugari

PSPP Penerbangan – Kesalahan Fatal Saat Interview Pramugari

pspp penerbangan pramugari7

Setiap kamu melamar pekerjaan tentu kamu akan dihadapkan dengan yang namanya tes interview terlebih dahulu untuk bisa memutuskan kamu layak masuk ataupun tidak. Interview merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pencarian pekerjaan. Tes ini merupakan langkah awal dalam menetapkan hubungan baik antara calon pekerja dengan pihak perusahaan. Bukan hanya TNI, Polisi, Polwan, Guru, Dokter dan PNS saja lho yang harus mengikuti tes interview terlebih dulu sebelum bisa bekerja, akan tetapi untuk kamu yang ingin menjadi seorang pramugari maskapai penerbangan juga akan mengikuti tes interview terlebih dahulu sama seperti profesi yang lainnya.

Jika kamu tidak sesuai dengan kriteria perusahaan, perjelananmu akan terhenti pada tahap ini. Nah kali ini mimin akan membagikan beberapa tips tentang kumpulan kesalahan yang dilakukan saat tes interview pramugari. Beberapa kesalahan tes interview pramugari yang bisa membuatmu gagal mewujudkan cita-citamu.

Kesalahan Fatal Saat Interview Pramugari

Tentunya sebuah keberhasilan yang sangat besar jika kamu dapat diundang sampai tahap interview. Ini akan menjadi peluang besar bagi kamu agar dapat mewujudkan cita-citamu menjadi pramugari. Namun tak jarang ketika kamu tak mampu menangani situasi, hal fatal ini akan membuatmu kehilangan peluang. Walaupun Tes Interview ini belum menjamin kamu lolos, akan tetapi setidaknya ada peluang yang lebih besar. Nah ini dia kesalahan fatal saat interview pramugari:

1. Datang Terlambat

Tepat waktu akan sangat penting sekali dalam industri penerbangan, terlambat kerja akan memperlihatkan ketidakhormatan terhadap pemberi kerja dan kesempatan yang dipertimbangkan dalam situasi yang tak terduga.

Berpakaianlah sesuai pekerjaan dan organisasi, gunakan Google Maps untuk bisa menemukan lokasi wawancara dengan mudah sehingga kamu bisa datang lebih awal. Idealnya kamu datang setidaknya 10 hingga 15 menit lebih awal. Perlakukan orang yang kamu temui sejak ruang parkir atau di tranportasi umum ke resepsionis dan pegawai perusahaan dengan sopan santun. Matikan HP atau alat komunikasi lainnya.

2. Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Kurang Baik

CV yang impresif menjadi kesan pertama yang akan menentukan kamu untuk terus lanjut ke tahap interview. Dalam CV kerja pramugari, fokuslah pada latar belakang medis dan penerbangan serta setiap pengalaman dalam berorganisasi. Jangan lupa tentunya dengan pas foto dengan pakaian yang formal.

3. Memiliki Bahasa Tubuh Yang Buruk

Bahasa tubuh yang kamu miliki akan mempengaruhi kamu lolos tahapan tes interview atau tidak, sehingga kamu perlu menghindari bahasa tubuh yang buruk seperti kebiasaan: menggaruk, membenarkan poni rambut, menarik-narik baju, memegangi pulpen dan menggerak-gerakannya, dsb. Kamu harus hindari hal-hal tersebut agar tidak menjadi kebiasaan yang akan kamu lakukan saat bertugas nanti.

4. Tidak Mendengar Saran Dari Penginterview

Dengan kamu tidak memperhatikan penginterview bisa menyebabkan kamu akan kehilangan informasi penting. Para perekrut akan memberimu informasi yang berguna sepanjang interview mulai dari detail tentang perusahaan, sejarah, visi misi dan perkembangannya. Mungkin menurutmu akan tampak tidak tertarik atau tidak peduli, tapi hal tersebut akan terlihat jelas bagi mereka. Jika kamu saja tidak tertarik mendengar tentang perusahaan tersebut, tentu mereka juga tidak akan tertarik untuk memilihmu.

5. Tidak Memiliki Komitmen dalam Memberikan Jawaban Yang di Berikan

Jika kamu diberikan pertanyaan yang intinya sama, berkomitmenlah ketika menjawab karna hal itu akan memperlihatkan karakter kamu yang sesungguhnya. Maka dari itu, tetap jawablah pertanyaan yang intinya sama dengan jawaban yang pertama kali dan tetap berkonsisten menjawab pertanyaan yang diberikan.

6. Langsung Membicarakan Masalah Gaji

Selama melakukan interview, kamu jangan mencoba mendahului dengan mengajukan pertanyaan tentang kenaikan gaji, promosi, liburan dan fasilitas lain yang biasa diberikan perusahaan. Pastikan dulu kamu memiliki semua rincian mengenai paket yang ditawarkan serta semua ketentuannya. Bukan hal yang pantas untuk menanyakan tentang gaji dan hak liburan. Tidak ada perusahaan yang menginginkan karyawan yang hanya peduli dengan manfaat pribadi bahkan belum memiliki kontribusi kepada perusahaan. Usahakan selama interview jangan mendiskusikan fasilitas dan gaji kecuali mereka yang menanyakan.

7. SKSD dengan Penginterview

Sok Kenal Sok Dekat (SKSD) dengan penginterview tentu tetap ada sebuah batasan, hindari dan jangan terlalu santai sejak awal. Sebenarnya Interview mengharuskan kamu untuk membangun hubungan baik dengan perwakilan perusahaan, akan tetapi perlu diingat jika penginterview bukanlah teman atau sahabat bermain. Jadi perhatikan dengan baik batasan-batasan tersebut.

8. Jangan Egois

Seorang pramugari bekerja untuk membantu melayani para penumpang yang ada dalam pesawat, bahkan Pramugari juga harus menjaga keselamatan para penumpang terlebih dahulu daripada diri mereka sendiri. Sebab itu, sifat egois yang ada pada Pramugari perlu dihilangkan agar kamu mampu bekerja profesional. Jika kamu tidak bisa atau tidak mau menghilangkan sikap egois pada diri kamu, maka rasanya tidak etis jika seorang pramugari memiliki sikap egois.

9. Tidak Fokus dan Salah Respon

Tidak fokus atau salah merespon sering kali terjadi pada calon pelamar kerja. Mereka akan sering tidak fokus saat sedang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh interviewee. Biasanya hal tersebut menjadikan kamu tidak fokus karena gugup atau grogi. Kamu perlu persiapan mental agar tidak grogi dan tetap fokus agar dapat berkonsentrasi dengan baik sehingga mampu menghadapi pertanyaan pewawancara dengan baik dan tenang.

10. Berpenampilan Terlalu Mencolok

Menjadi seorang calon Pramugari maskapai penerbangan kamu diharuskan untuk berpenampilan yang natural, tetapi terlihat cantik dan rapi. Pekerjaan sebagai seorang pramugari langsung berhubungan dengan banyak orang dari berbagai daerah hingga negara lain. Tentunya penampilan kamu harus benar-benar diperhatikan dan jangan terlalu mencolok hingga terlihat menor.

Mewujudkan cita-cita menjadi pramugari itu gak semudah membalikkan telapak tangan lho, kamu perlu banyak belajar dan mengenal dunia penerbangan lebih baik. Tentunya lebih baik lagi jika kamu mengikuti sekolah pramugari, mengapa demikian? Peluangmu menjadi seorang pramugari akan lebih besar, apalagi jika sekolah Pramugari tersebut telah terakreditasi A dan sudah berhasil menjadikan siswa-siswanya untuk mewujudkan cita-citanya menjadi Pramugari. Sekolah Pramugari Terbaik dan Terakreditasi A itu adalah PSPP Penerbangan.

Informasi Pendaftaran PSPP Penerbangan

Untuk informasi pendaftaran PSPP Penerbangan, adek bisa langsung menghubungi Official PSPP Penerbangan sebagai panitia pendaftaran ya dengan Call/WA di 0822 1195 1972. Jadi, sekian dulu nih ya dari mimin, ketemu lagi di lain kesempatan. Semoga informasi dari mimin kali ini bermanfaat ya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat