Tips Penanganan Komplain Di Bandara | PSPP Penerbangan
Pendidikan Penerbangan PSPP Jakarta – Dalam suatu pelayanan jasa tidak terlepas dari komplain pelanggan, termasuk di dunia penerbangan sekali pun. Ada beberapa hal yang menyebabkan pelanggan melakukan komplain ke perusahaan penerbangan seperti terjadi keberangkatan pesawat yang tertunda, atau mengalami cancel, bagasi hilang, menu catering yang tidak memuaskan dan lain sebagainya.
Sebenarnya mendapatkan komplain dari pelanggan merupakan hal yang wajar sehingga perusahaan dapat menangani komplain dengan baik. Penanganan komplain yang efektif akan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap suatu perusahaan tersebut, sehingga pihak maskapai perlu menerima dan memperbaiki suatu layanan sebaik mungkin.
Disinilah peran pelayanan yang baik bagi penumpang tanpa adanya komplain dan ketika ada komplain harus segera menanganinya dengan baik agar tujuan untuk memuaskan pelanggan dapat terpenuhi.
Nah, salah satu ciri khas perusahaan yang bisa dikatakan baik adalah disaat perusahaan tersebut minim komplain. Dilansir dari nasa.or.id, inilah penanganan komplain yang bisa dilakukan secara efektif dalam dunia penerbangan.
Dengar Keluhan Pelanggan dengan Baik
Tentu hal ini menjadi pertama kali yang wajib dilakukan ketika mendapat keluhan pelanggan. Semua pelanggan yang komplain didengar dengan baik tanpa memotong pembicaraan. Jangan lupa catat semua poin yang disampaikannya dan jangan sampai pelanggan harus mengulang apa yang dikatakan.
Menunjukkan Rasa Empati
Tetap menjaga sikap yang sopan dan jalin komunikasi dengan lemah lembut. Meminta maaf jika ada hal pelayanan yang diberikan kurang atau tidak memuaskan. Ketika kita menunjukkan rasa empati, sudah pasti pelanggan menaruh rasa percaya kepada perusahaan.
Berani Bertanggung Jawab
Penanganan komplain bisa terjadi langsung ke staff bukan ke layanan keluhan pelanggan. Apabila kamu seorang staff dan diberi komplain yang sebenarnya dilakukan oleh staff atau pekerja lain sebaiknya tetap ambil tanggung jawab tersebut. Selesaikan masalah bersama-sama, karena ini menyangkut kredibilitas perusahaan.
Bersikap Luwes dan Tidak Kaku
Terkadang jika ada pelanggan yang komplain ada saja yang meluapkan emosi terhadap keluhannya. Sebaiknya sebagai penerima komplain tetap bersikap tenang dan luwes. Memang hal wajar jika secara tiba-tiba merasa grogi terhadap keluhan pelanggan. Coba perlakukan pelanggan seperti saudara atau teman, akan tetapi tetap dengan batasan-batasan tertentu.
Memberikan Solusi yang Cerdas dan Tepat
Hal yang paling dibutuhkan oleh pelanggan ketika mendapat masalah adalah solusi yang cerdas dan tepat. Jika pelanggan sudah menyampaikan semua keluhan dan emosinya sudah mereda, coba sampaikan beberapa solusi terbaik yang mungkin bisa dilakukan.
Sepakati Solusi
Apabila sudah ada solusi yang diambil, maka jadikan sebuah kesepakatan bersama. Jangan lupa juga untuk menjadwalkan pengerjaan solusi tersebut dan segera dikerjakan. Jangan sampai ketika sudah disepakati bersama tapi tidak dikerjakan hanya akan menambah permasalahan besar.
Mengobati Kekecewaan Pelanggan
Kita bisa menawarkan beberapa paket khusus atau hadiah tertentu yang membuat pelanggan merasa terobati, misalkan dengan memberikan fasilitas tambahan di pesawat dan lain-lain. Dengan begitu, pelanggan dapat merasa senang dan cukup memaklumi bahkan tidak memperpanjang lagi permasalahan.
Catat Semua Keluhan untuk Dijadikan Bahan Evaluasi
Tentu hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan ketika setiap keluhan dijadikan sebagai bahan evaluasi. Dengan begitu perusahaan dan para pekerja di maskapai dapat terus memperbaiki pelayanan yang diberikan terhadap pelanggan, sehingga akan minim komplain.
Berdayakan Semua Pekerja untuk Mengatasi Keluhan
Setelah dievaluasi, berdayakan semua pekerja untuk mengatasi setiap keluhan. Semua keluhan dari pelanggan merupakan tanggung jawab bersama sehingga keluhan dapat diselesaikan dengan baik berdasarkan solusi yang telah disepakati dan dijadwalkan sesuai dengan target.
Baca juga: Alasan Memilih Menjadi Wanita Karir
Sekolah Staff Penerbangan Terakreditasi A PSPP Penerbangan
Karir Staff Penerbangan memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi Staff Penerbangan bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah Staff Penerbangan untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.
PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Maret, Agustus dan Desember. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Asna dengan Call/WA 0822-1195-1972. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih